Senin, 04 Juni 2012

Tips merawat dan menjaga Laptop

Hal terpenting untuk merawat dan menjaga laptop Anda untuk tetap dalam kondisi yang terbaik, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat menjaga laptop Anda dalam kondisi yang  baik. berikut ini akan saya berbagi sedikit tips dan pengalaman saya untuk merawat dan menjaga laptop anda agar tetap dalam kondisi yang baik.   
 
Jauhkan cairan dari laptop Anda. kopi, soda, air atau cairan lain di dekat laptop Anda, kecelakaan bisa terjadi terlalu mudah. Cairan tumpah dapat merusak komponen internal atau menyebabkan cedera listrik untuk laptop. Arus pendek dapat merusak data atau bahkan secara permanen merusak bagian. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman Anda dari komputer Anda. Bahkan jika Anda hati-hatiilah jika orang lain mungkin satu meja dengan Anda . Atau Anda dapat menggunakan cangkir dengan penutup di atasnya.
 
 
Gunakanlah antivirus yang tersedia dalam laptop anda atau antivirus yg resmi
  . karna jika Anda download, mungkin berisi virus yang dapat menyebabkan kesalahan sirkuit dalam perangkat keras sistem dan mengalami keterlambatan saat proses data.

 
Makanan jauh dari laptop Anda. Jangan makan dekat dengan  laptop Anda,karna Remah-remah bisa jatuh diantara tombol  keyboard.Remah-remah juga dapat mengiritasi sirkuit. Lebih buruk lagi, itu membuat laptop terlihat kotor jika ada remah-remah dan noda makanan di atasnya.
   

Pastikan tangan anda dalam keadaanbersih saat menggunakan laptop Anda. Tangan yang bersih membuat lebih mudah untuk menggunakan touchpad laptop Anda dan akan ada lebih sedikit risiko meninggalkan kotoran dan noda lainnya pada komputer. Selain itu, jika Anda membersihkan tangan sebelum menggunakanya, Anda akan membantu mengurangi keausan pada lapisan dari keyboard laptop, ini disebabkan oleh kontak dengan keringat dan kotoran.

 
Melindungi layar LCD monitor. Ketika Anda menutup laptop Anda, pastikan tidak ada barang/alat , seperti pensil tertinggal pada keyboard. Ini dapat merusak tampilan layar ketika ditutup, layar akan tergores jika alat tersebut terjepit. Tutup penutup secara pelahan dan mulai  dari tengah. Menutup tutup dengan hanya menggunakan satu sisi menyebabkan tekanan pada engsel , dan lama kelamaan akan rusak.
Pegang dan angkat laptop dari bawah, . Jika Anda angkat oleh bagian layar saja, Anda dapat merusak tampilan atau engsel . Layar akan juga mudah tergores atau rusak oleh tekanan.

 
Hubungkan perangkat aksesori ke dalam slot yang tepat. Selalu melihat simbol pada laptop sebelum memasukkan perangkat. Kemacetan saluran telepon ke port Ethernet atau sebaliknya bisa merusak soket, sehingga mustahil untuk menggunakannya lagi.  


Masukkan cd/dvd/ drive dengan hati-hati dan pada sudut yang benar. Mendorong drive yang salah ke dalam socket, atau miring, atau bahkan terbalik bisa tersangkut. gunakanlah cd/dvd yang baik, perhatikan kondisi sebelum memasukannya kedalam drive, karna ini akan mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Jangan meninggalkan laptop di dalam mobil. karna mobil selalu mengalami perubahan suhu yang besar sehinngga dapat merusak laptop, dan juga mengundang kriminalitas yang mengakibatkan mobil anda dirusak dan laptop anda dicuri.
  

Gunakan tas laptop dengan ukuran yang pas . ini akan menjaga laptop Anda tetap pada posisinya, jika tas terlalu besar , ini akan mengakibatkan pergeseran , benturan atau bahkan berpotensi laptop anda akan terjatuh.Pastikan tas anda dalam keadaan baik atau tidak koyak.
  

Gunakan laptop diarea yang terbuka untuk sirkulasi udara . Bila Anda menggunakan laptop Anda, gunakanlah di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik . Banyak orang mengalami kerusakan laptop karna mereka menggunakannya dalam daerah tertutup dan dengan demikian membuat laptop terlalu panas.
   
 

Gunakan laptop pada permukaan yang datar. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada laptop.
Jangan gunakan laptop di tempat tidur. menggunakan 
laptop di tempat tidur akan menyebabkan kipas menyedot debu dan kotoran  yang mungkin terletak di tempat tidur, akhirnya merusak kipas pendingin laptop anda . 


Demikianlah tips dari saya, kalau ada kesalahan mohon dikoreksi ,tinggalkan pesan dan komentar anda.
terima kasih telah berkunjung diblog yang sederhana ini.



0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. NIAS TEKNOLOGI - All Rights Reserved